Tuesday, October 26, 2010

Tour d' Indofood

  
     Kamis lalu sebagian anggota Kopwan Sri Rejeki Bendan Ngisor Semarang, mengikuti kegiatan tour d' Indofood. Kami mendapat kesempatan berkunjung ke pabrik Indofood divisi Noodle di Tambak Aji  Ngaliyan Semarang, setelah masuk daftar tunggu 6 bulan.
Bus jemputan disediakan pihak Indofood, peserta 50 orang diwajibkan membeli paket mie seharga @ Rp 10.000.  Ternyata paket yang dibeli menjadi 70 tas lho.. banyak peminat....
    Kunjungan Pabrik merupakan program rutin Indofood.  Peserta dipersilakan menyaksikan proses pembuatan mie, berdiskusi dengan pemandu,  diberi paket hadiah bila beruntung, serta dijamu makan semangkuk mie.
    Amankah mengkonsumsi mie instan ?
Awal bulan ini  TV maupun surat kabar ,  ramai membicarakan soal Indomie, produk mie instan asal Indonesia, ditolak di Taiwan karena mengandung methyl P-hydroxybenzoate.  Pemerintah Indonesia melalui BPOM kembali membuat penelitian tentang produk tersebut, dan mengungkapkan kandungan yang ada  dalam produk mie instan Indonesia masih aman untuk dikonsumsi.
     Sebuah industri pembuat makanan tentu sudah memikirkan apakah produknya layak jual di pasaran atau tidak.  Meski masih mengacu pada negara lain, Indonesia juga telah menetapkan standardisasi keamanan jenis dan dosis yang dapat digunakan sebagai bahan sintesis yang tidak berbahaya.
     Pola makan yang terjaga dan frekuensi makan yang teratur itu amat penting.   Untuk makan mie instan misalnya, menjadi buruk kalo kita hanya makan mie tersebut tanpa  'teman'. tapi jika kita bisa meyertakan sayuran sumber serat, bakso, telur, atau sumber protein lain, tentu makanan ini menjadi seimbang.
     Tak perlu takut makan Indomie. Indomie sudah diekspor ke 80 negara lho !  Mari kita berpikir positif, berapa besar tenaga kerja yang terlibat dalam industri ini... 
Jika kita menyajikan makanan secara benar maka manfaat baik akan kita dapatkan ... yuk mari...

1 comment: