Friday, August 19, 2011

Dirgahayu RI

    
       Di Semarang sini, malam menjelang 17 Agustus biasa diadakan acara pertemuan warga : Tirakatan.  Semua warga RT diharapkan keluar bergabung mengikuti acara mengenang kemerdekaan, bapak-bapak, ibu-ibu, kakek-nenek, anak-anak semua warga berkumpul di lapangan terbuka.
Karena RT kami tempat balai kelurahan berdiri, maka lapangan depan balai yang paling sering digunakan.  Acara tirakatan ini merupakan ajang silaturahmi yang menyatukan warga dengan berbagai keragamannya...
  
       Acara Tirakatan Peringatan 17 Agustus berlangsung khidmat, beralas tikar, warga mengenang jasa pahlawan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, membagikan hadiah lomba (yang telah dilakukan pagi/ hari sebelumnya), lalu menikmati hidangan yang selalu ada yaitu tumpeng.
  
      Tumpeng ini salah satu yang pernah kubuat, (sekitar 7 tahun yang lalu kayaknya,... nemu foto lama). Nasi kuning kerucut dengan lauk sambal goreng printil, kering kentang,  ayam goreng, telur dadar rawis, kering tempe, rolade, ayam ingkung, rempeyek serta perkedel.   Garnisnya ada angsa putih dari bengkuang (terlalu kecil tampaknya), bunga-bunga dari cabai dan wortel, serta irisan ketimun dan selembar bendera merah putih di puncak tumpeng,... Merdeka !

No comments:

Post a Comment